Java Jazz 2013

14 May

20130303_004924

Seperti biasa, JJF tidak melulu menampilkan artis-artis dari kalangan pengusung jazz, namun juga penyanyi-penyanyi non-jazz, baik lokal maupun internasional, yang tentu saja dimunculkan untuk memancing pasar yang lebih luas. Dengan line-up yang panjang tersebut, tentu saja kita tidak bisa menyaksikan semua penampilan yang ditawarkan, sehingga harus sedikit cermat dalam memilih artis dan venue yang akan dihadiri penampilannya.

Di hari pertama ini kita bisa menyimak penampilan memukau dari Fourplay yang memainkan lagu-lagu smooth jazz instrumental dengan cekatan sehingga memancing atensi para penonton untuk larut dalam musik yang mereka mainkan. Pastinya kita tidak akan melewatkan penampilan berkelas dari Duke Project yang terdiri atas Stanley Clarke dan George Duke. Jazz penuh dinamika mereka persembahkan dengan skill yang memukau.

Sementara itu, dari jajaran artis lokal, tentu saja tidak bisa untuk dilewatkan adalah penampilan istimewa dari Maliq n D’Essentials. Sulit untuk tidak terinfeksi oleh penampilan penuh gairah mereka. Panggung demikian hidup oleh permainan musik dan vokal yang memasukkan ruh jazz di musik soul yang groovy yang mereka bawakan. Tidak heran jika penonton sangat menikmati pertunjukan mereka. Sulit pula untuk melewatkan penampilan spesial dari penyanyi yang tengah menanjak namanya, Raisa. Dengan vokal mumpuni, ia mampu menghibur para penonton dengan baik, bahkan memberi kejutan dengan memberikan penampilan khusus dari penyanyi yang juga tengah naik daun, Tulus, ke panggung.

Penampilan artis lokal lain yang kita tunggu adalah Tulus. Ini adalah pertunjukkan pertamanya di panggung JJF. Dan berkat kepopulerannya, barisan antrian penonton sudah mengular bahkan jauh sebelum venue dibuka. Saat gedung pertunjukan dibuka, para penonton segera saja berhamburan menuju panggung depan untuk dapat melihat penampilan Tulus secara lebih jelas. Tulus pun membayar penantian dengan lunas dan tuntas. Tidak hanya memiliki vokal yang prima, ia juga mengusasi panggung dengan baik, meski terlihat agak nervous di beberapa bagian.

Kita memasuki hari terakhir di pagelaran JJF2013. Secara umum masih tetap seru dengan pengunjung yang membludak, akan tetapi kebanyakan line-up artisnya sudah dapat kita saksikan di hari-hari sebelumnya, sehingga memilih untuk menyaksikan yang belum ditonton sebelumnya. Khusus hari terakhir, terpatnya di Minggu siang yang sedikit berawan, acara sudah dimulai dari jam 11 siang, sementara dua hari sebelumnya dibuka di sore hari.

Tentu saja highlight untuk hari terakhir di perhelatan JJF2013 ini adalah penampilan dari Craig David. Sebagai bintang tamu yang namanya diungkap terakhir, penampilan David memang sebuah kejutan. Tidak hanya karena musik yang diusungnya jauh dari bau-bau jazz, namun juga ini penampilan pertamanya di Indonesia setelah terakhir 10 tahun yang lalu.

Kehadiran Craig David pun menjadi semacam penutup yang manis dalam rangkaian Java Jazz Festival 2013 ini. Rasa lelah karena harus berkeliling di venue JIExpo Kemayoran pun kemudian menghampiri, meski tentu saja dibarengi oleh rasa puas yang membuat rasa tidak sabar untuk menyakskan Java Jazz di tahun 2014 mendatang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: